Ganti Domain Juga

Posted by Herman on Thursday, June 10, 2010 11 comments

top level domainMemiliki domain sendiri mungkin merupakan impian dari setiap blogger maupun webmaster (termasuk saya). Sebab dengan memiliki domain sendiri maka blog kita akan terlihat lebih profesional sehingga ngeblog pun lebih semangat. Menurut saya loh. hehe...

Setelah ngeblog hampir 2 tahun akhirnya blog ini memiliki nama domain sendiri juga. Meskipun diantaranya ada banyak pertentangan dalam diri saya yaitu ganti atau tidak.

Jika saya ganti maka blog saya akan kembali seperti bayi yang baru lahir dimana semua backlink dan feed reader yang saya bangun dengan susah payah selama ini akan hilang. Oh No... Setelah melalui pemikiran panjang akhirnya saya memutuskan untuk ganti juga karena saya menyadari, cepat atau lambat saya tetap harus ganti jadi kenapa tidak sekarang saja. Iya nggak? senyum

Nah bagi anda yang memakai subdomain dari blogspot atau wordpress dan berencana untuk mengganti domain ataupun ingin serius menambang uang di internet mulailah untuk mengincar domain .com atau .net agar pekerjaan anda tidak terlalu berat nantinya dan domain yang anda idamankan tidak disambar oleh orang lain.

Contohnya blog ini, sebenarnya domain yang ingin saya incar adalah hermanblogtips.com tapi gara-gara banyak mikirnya jadi di incar orang lain menangis. Tapi lumayanlah masih ada jatah hermanblog.com yang sama dengan nama blog ini. senyum lebar

Memang dengan ganti domain sendiri akan ada biaya yang harus ditanggung setiap tahun tapi dibandingkan dengan waktu yang terbuang untuk membangun blog dari awal dan kehilangan domain yang kita harapkan. Saya rasa lebih menguntungkan ganti domain sekarang kecuali anda memang tidak berniat memiliki domain sendiri atau membangun kerajaan bisnis online anda maka memiliki domain sendiri itu tidaklah penting. CMIIW

Ok sekian dulu curhat kali ini. Sudah lama tidak ngeblog jadi agak kaku mau nulis. hehehe... Pada postingan berikut saya akan mencoba untuk mengulas lebih lanjut tentang manfaat dan kerugian mengganti domain sendiri. So sering-sering main kesini ya.. senyum

Jika anda mempunyai pertanyaan berkaitan dengan ganti domain silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Saya akan berusaha untuk menjawabnya.


Recent Posts:

11 comments

blog tips tutorial said... 10 June, 2010
mas, kebetulan saya juga lagi ganti domain.tapi kok kalo diakses tanpa awalan "www' kok gak bisa, web mas ini jg gak bisa saya akses tanpa 'www' , mungkin mas punya solusinya?
sekalian web kita berdua biar bs diakses tanpa 'www'.

makasih.
Herman said... 10 June, 2010
@blog tips: saya coba bisa koq mas ketika saya ketik hermanblog.com lgsg di redirect ke www.hermanblog.com. pake browser apa mas?
blog tips tutorial said... 11 June, 2010
mas, lha web saya kok gak bisa.mas bisa bantu saya gak cara nyettingnya? atau mas buat tipsnya cara custom domain di blogspot di web ini, biar bisa saya praktekin.makasih mas.
oh ya, saya pake mozilla firefox n cuma saya ketik hermanblog.com hasilnya gak kebuka webnya.
thanks.
Herman said... 11 June, 2010
@blog tips: saya sudah cek web anda. Kemungkinan karena anda belum setting dnsnya. Coba gunakan dns gratis dari DNSPARK.net. Untuk cara settingnya silahkan baca disini

http://www.belajarngeblog.com/tutorial-blogspot-cara-setting-custom-domain-di-blogspot

Sudah cukup lengkap pembahasannya.

Hanya saja di situs tsb hanya minta isi 4 nameserver. Yang perlu anda isi adalah 5 nameserver dnspark yaitu:

ns1.dnspark.net
ns2.dnspark.net
ns3.dnspark.net
ns4.dnspark.net
ns5.dnspark.net

semoga bermanfaat
negeriads.com solusi berpromosi said... 11 June, 2010
wahh... congrats..... deh..
Gusryan Zari Khamsya _ High Voltage Engineering said... 13 June, 2010
oh ya.... klo ganti domain bayar g? trus klo da gangguan gmna cra kita ngatasinya?

salam kenal...

Kunjungi [my bloQ]…. ok
Herman said... 14 June, 2010
@gusryan: untuk top level domain seperti .com, .net, dll harus bayar biasanya sekitar Rp80rb - Rp100rb per thn.

Kalau ada gangguan biasanya terjadi pada pihak hosting. anda bisa menanyakan perihal tersebut pada pihak dimana anda menyewa hosting.
melly said... 15 June, 2010
mas ko murah banget yah perpanjang domain cuma 100 rb. saya baru bikin web nih...buat jualan. hehe mampir yah www.agentupperware.com

wah buat kang herman sukses yah ngewebnya, sedikit asing sih, biasanya pake blogspot skrg udah .com

tp g papa...
herman said... 15 June, 2010
@melly:
utk domain .com harganya memang segitu malah Rp100rb itu termasuk mahal loh :D

emank brp biaya perpanjangannya mbak?

saya sudah lihat websitenya, lengkap sekali isinya. Sukses ya untuk web jualannya :)
socoolinsidehere said... 21 June, 2010
..mas.. saya mo tanya mengenai kasus 'blogging saya'..
..bgini :
..setiap saya bikin widget baru selalu saja gagal..ada dua widget dari blogger.com yang selalu menolak kecuali kita harus isi juga kotak isian diatasnya (judul); yaitu widget untuk teks dan widget untuk javascript/HTML. kalo' widget yang lain sih bisa...seperti widget untuk gambar, dan yang lainnya. jadi, kedua widget itu baru bisa kita buat JIKA KITA MEMBERIKAN TEKS PADA KOTAK ISIAN DIATAS (JUDUL) ITU...
..yang bikin heran; saya sudah ganti account dgn e-mail baru tentunya..tetep ga bisa, mencoba browser yang lain, bikin blog baru lagi, sampe' pindah 'komputer' (maksudnya pake kompi yg lain) ke warnet temen..., tetep aza ga bisa...
kalo' blog saya di banned, masa iya ? account masih active..apa blogger.com lg error servernya..
..wah...repot.....maklum masih newbie......
..mohon pencerahannya, master ..^_^..
oia. ini url blog saya : www.mamanjua.co.cc (Cool Inside)..

BEST REGARD
nabillagroup said... 04 October, 2010
biarkan judul di isi dulu ... lalu simpan
bila sudah jadi ... buka blog anda, pada widget yg baru di buat lalu di edit, hapus judul yg dimaksud ... simpan.

semoga membantu

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment