Apa Manfaatnya Widget Follower Blogger

Posted by Herman on Saturday, July 04, 2009 14 comments

Berhubung ada yang menanyakan kesaya apa manfaat follower maka saya akan mencoba menerangkan sedikit disini barangkali masih ada yang belum tahu. Jika dilihat dari penampilannya mungkin ada yang menyangka jika widget ini berfungsi untuk menjaring komunitas atau untuk pemanis blog saja.

Tetapi sebenarnya widget ini dibuat oleh pihak blogger untuk mempermudah kita (pengguna blogger) berlangganan dengan blog lain. Jadi fungsinya hampir sama dengan RSS Feed dimana kita akan mendapat informasi jika blog yang bersangkutan memposting artikel baru. Bedanya antara RSS feed dan Follower adalah jika kita berlangganan melalui RSS feed maka kita hanya akan mendapat notifikasi apabila kita membuka Google Reader, MyYahoo, atau Bloglines (tergantung dimana kita berlangganan). Hal ini tentu kurang efektif bagi anda para blogger yang jarang membuka rss reader yang saya sebutkan diatas. Tetapi jika berlangganan melalui Follower maka anda bisa langsung mendapat notifikasi dari menu Dashboard blogger anda. Sehingga anda tidak perlu kemana-mana cukup login ke blogger anda. Maka anda akan mendapat informasi terkini dari blog yang anda follow. Gmn lebih praktis kan? kenyit


Jadi bagi anda yang suka menjadi pertamax (orang yang pertama kali berkomentar) di blog favorit anda. Jangan lupa untuk menfollow blognya. Dijamin gak rugi deh pokoknya sengihnampakgigi

Untuk menjadi follower caranya sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan. Jika blog yang bersangkutan memasang widget Follower maka anda bisa langsung menjadi followernya dengan klik Follow -> Ikuti blog ini.

Tetapi bagaimana jika blog yang bersangkutan tidak memasang widget Follower? Tidak perlu khawatir, anda tetap bisa menfollow blognya dengan cara login ke menu dashboard blogger anda kemudian klik Add yang terletak dibagian bawah menu Dashboard seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.



Setelah itu, masukkan alamat blog yang ingin anda follow, contohnya http://hermanblog.com atau import dari Google reader jika anda sudah pernah berlangganan melalui Google reader sebelumnya. Jika sudah klik Next. Selesai. Sekarang anda bisa segera mendapat informasi terbaru dari blog favorit anda di menu dashboard blogger.

Selamat berlangganan blog favorit anda. Semoga postingan singkat ini bisa menjawab pertanyaan anda.


Recent Posts:

14 comments

Haedir 'sisi' said... 12 July, 2009
Mas,,
klw pake dofollow itu, resikonya apaan yaa ??

mendingan mn DOFOLLOW atau NOFOLLO??

mas sendiri pake apa??

maaf bnyak nnya :)
Herman said... 14 July, 2009
@haedir: jawab yg mana dulu ya :D

ga da resikonya koq. tujuan dofollow adalah untuk memberikan backlink kpd komentator. Dengan demikian komentator akan trus kembali ke blog kita. jd pemilik blog dpt meningkatkan trafik dan bagi komentator mendapatkan backlink. win-win solution.

jika blog anda sepi. dofollow bs mjd alternatif utk meningkatkan trafik.

klu sy sendiri pake nofollow
Haedir 'sisi' said... 21 July, 2009
knp gak pake dofollow ??

maaf ni banyak nanya ,, :)
maklum pemula :) newbie (cocok gak yaa intu kata" ku) hwhehehehe !!
Anonymous said... 29 July, 2009
hai, herman.. saya ni baru pemula dari malaysia, so bole ajar bagaimana hendak letak ikhlan google adsense kat blog kita... ok tks
Saung Web said... 01 September, 2009
Ok sobat... kalau gitu saya follower deh.. hehee di tunggu followbacknya ya n met berpuasa..
Eko said... 30 September, 2009
Infonya bagus sobat
BEJO said... 21 October, 2009
Prof.Herman,saya mo nambah foto di profil blogger.Tp gagal terus. gmn crnya.
denbaguseblog said... 25 March, 2010
mantaf gan
denbaguseblog said... 25 March, 2010
mantaf gan
JAMIAN said... 12 November, 2010
nice share gan.... lumayan buat nambah ilmu
ipgempol said... 17 March, 2012
thanks mas bro,aq jd lbh tw bnyak ttg dunia blog,he
Anonymous said... 11 May, 2012
makasih infonya, nice share
Anonymous said... 02 November, 2012
thanks informasi nya mas herman
Danel said... 30 December, 2012
thanks infonya folowback ya...
www.danelspace.blogspot.com

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment