Apa Itu Social Bookmarking?

Posted by Herman on Wednesday, August 12, 2009 0 comments

Bagi anda yang baru terjun ke dunia blogging mungkin masih asing dengan istilah social bookmarking. Social bookmarking adalah layanan web yang disediakan bagi pengguna internet untu menyimpan, mengatur, mencari dan membagikan halaman situs yang dianggap bermanfaat kepada pengguna internet lainnya.

Pada dasarnya konsep social bookmarking hampir sama dengan menu bookmark pada Firefox atau Favorites pada IE yaitu untuk menyimpan halaman situs atau artikel yang dianggap bagus agar suatu saat dapat dibuka kembali dengan mudah.

Perbedaan antara bookmark pada Firefox atau IE dan social bookmarking adalah jika anda membookmark halaman favorit anda melalui Firefox atau IE maka datanya hanya tersimpan di dalam komputer anda. Sehingga anda tidak dapat mengakses halaman situs favorit anda melalui komputer lain. Lain halnya dengan social bookmarking, anda dapat mengakses situs favorit anda dimanapun anda berada hanya dengan mengunjungi situs social bookmarking.

Selain itu, yang menjadi faktor utama orang menggunakan layanan social bookmarking adalah halaman situs yang dibookmark ke situs social bookmarking tidak hanya di lihat oleh kita sendiri melainkan semua pengguna dari situs social bookmarking itu sendiri.

Lalu apa manfaatnya bagi pengguna blogger?
Sebagai pemilik blog, anda bisa membookmark artikel di blog anda yang dirasakan bermanfaat ke situs social bookmarking sehingga jika ada yang tertarik dengan artikel yang anda bookmark maka mereka akan mengunjugi situs anda untuk membaca lebih lanjut karena artikel yang disubmit ke situs social bookmarking hanya berupa deskripsi singkat saja.

Sebagai contoh saya ambil screenshot dari salah satu situs social bookmarking terbesar saat ini yaitu Digg

digg story
Bisa anda lihat artikel yang disubmit ke Digg hanya berisi deskripsi singkat saja sehingga jika pengunjung ingin membaca keseluruhan isi artikel anda, mereka harus mengunjungi situs anda sehingga dapat memberikan tambahan trafik untuk blog anda.

Apabila artikel yang anda bookmark dirasakan bermanfaat bagi pembaca maka pembaca akan turut membookmark artikel anda. Semakin banyak yang membookmark artikel anda maka semakin bagus posisi artikel anda di situs social bookmarking yang artinya semakin besar kemungkinan artikel anda dibaca oleh pengunjung. Ini tentu akan memberikan limpahan trafik ke blog anda.

Untuk dapat membookmark artikel ke situs social bookmarking anda harus daftar jadi member dari situs social bookmarking tersebut. Beberapa situs social bookmarking yang populer saat ini adalah Delicious, Digg, Stumbleupon, Reddit, Mixx, Google Buzz, Blinklist, dan Faves. Sedangkan untuk situs social bookmarking yang berbahasa indonesia, anda bisa coba Infogue dan Lintas Berita.

Saran:
Untuk mendapat hasil yang optimal, submitlah artikel anda ke semua situs social bookmarking yang saya sebutkan diatas agar kemungkinan artikel atau tulisan anda dibaca oleh pengunjung semakin besar.


Semoga bermanfaat..!


Recent Posts:

0 comments


:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment